STMIK DHARMAPALA RIAU

Sekolah Tinggi Management Informatika Dan Komputer

Cara Reset Bios Acer Aspire 4732z

Dua hari yang lalu saya dapet telpon dari temen, dia bertanya” gimana cara buka pasword bios acer aspire 4732z?” hmm .. saya juga blm pernah dapat kasus seperti ini.. trus saya coba cari ama mbak saya di google.. duchhh nyarinya ampe muter2 dibikinnya,, saya coba sercing menggunakan bahasa inggris, ternyata dapat satu web yang menjelaskan cara hapus pasword bios..

nah disini saya ingin berbagi trick yang saya dapat dari web tersebut, dan sudah saya terapkan ternyata berhasil. sedikit penjelasannya data-data pasword yang terdapat di laptop disimpan di EEPROM, dan biasanya di laptop tertentu menghapus pasword di bios hanya dengan mencabut batray laptop saja. tp dalam kasus ini acer aspire 4732z tidak mempan dengan cara tersebut,

biasanya reset biossecara umum menggunakan tool khusus, dengan cara mengangkat biosnya dan meletakkan ke alat khusus tersebut dan di jalankan dengan sofware untuk membackup data biosnya, tp gimana jika kita tidak ada alat khusus tersebut?? nah ada solusi lain dengan cara manualnya:

  1. unduh dulu buku petunjuk pembongkarannya di sini servis manual acer aspire 4732z
  2. persiapkan alat obeng + dan pinset runcing
  3. bongkar laptop seperti buku pentunjuk diatas sampai mainboard terpisah dari casingnya seperti gambar di bawah ini;

Bentuk biosnya kaki 8 agak besar dari IC 8 kaki lainnya, trus cabut dengan blower, cabut batere bios yang ada di sebelah, kemudian kosongkan semua tegangan di semua kapasitor / elco dengan jalan korslet kan dengan pinset, jangan sampai mainboard terhubung dengan adaptor, terus pasang lagi IC nya, dan pasang kembali casing laptop sesuai petunjuk buku panduannya,, nyalakan laptop kamu.. beres… is solver

Filed under: hardware, Komputer, Tips and Trik, , , , ,

One Response

  1. […] inget kan pada postingan sebelumnya cara reset bios acer 4732z ? pasti inget dong , nah saat saya selesai posting kemaren ada temen saya yang nyobain trik […]

Leave a Reply

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 6 other followers

Kunjungi fan page kami

Follow Twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

