STMIK DHARMAPALA RIAU

Sekolah Tinggi Management Informatika Dan Komputer

Atasi masalah BSod Blue Screen pada windows

Dalam dunia computer, diwindows sering kita temui masalah blue screen BSod eror yang sangat mengganggu kita dalam menggunakan sistem operasi ini. mengapa hal ini sering terjadi? kali ini kita akan coba membahasnya,

Kasus Windows Blue Screen Errors biasanya muncul dalam beberapa kasus. Ia bisa muncul pada proses instalasi Windows, ketika sementara booting dan bisa juga ketika kita sedang menjalankan sebuah program. untuk itu mari kita pilah kasus ini satu persatu.

  • Windows Blue Screen Errors muncul ketika kita sedang menginstall Windows. dalam kasus ini ada sedikitnya 4 hal yang harus kita perhatikan, antara lain: (1) CD Drive rusak dan tidak mampu membaca secara sempurna CD Instalasi, (2) CD Instalasi rusak sehingga tidak bisa dibaca sempurna oleh CD Drive, (3) gejala-gejala bahwa Hard Disk akan segera rusak (4) RAM tak sanggub dalam menjalankan sistem /ram rusak
  • Windows Blue Screen Errors muncul ketika sedang booting. maka kemungkinan penyebabnya adalah sebelumnya komputer mati/dimatikan secara tidak wajar maka sistem operasi mengalami kerusakan.
  • Windows Blue Screen Errors ketika sedang menjalankan sebuah program. ini sangat jarang terjadi jika di bandingkan dengan kasus no 1 dan 2, biasanya di sebabkan leh aplikasi yang corrup yang di singgahi oleh virus dan regestrynya terhapus oleh virus tersebut, kemungkinan lain juga di sebabkan oleh antivirus yang belum di abdate, atau aplikasi yang belom di abdate,
  • Windows Blue Screen Errors tiba-tiba setelah menggunakan computer yang cukup lama.  hal ini biasa terjadi dikarenakan suhu dari procecor anda terlalu panas, dikarenakan penyumbatan udara yang di akibatkan oleh debu2 yang menempel di saringan udara kipas procecor, coba bersihkan kipas procecor anda, jika ha ini terjadi berulang kali bisa mengakibatkan procesor anda terbakar dan pastinya hal yang sangat fatal untuk komputer anda
  • Windows Blue Screen Errors dikarenakan driver yang belum di abdate. kasus ini mirip dengan kasus no 3, hanya saja masalah terdapat di driver anda, cobalah chek kembali abdate driver anda, seperti VGA, WLAN dan procecor, untuk pengguna windows7 abdate driver sangatlah mudah, hanya dengan pergi ke device manager dan pilih driver yang hendak di abdate dengan klik kanan dan pilih abdate otomatis with windows, dengan syarat anda harus terkoneksi dengan internet.

untuk lebuh jelasnya saya akan menyertai code error yang sering muncul dalam windows blue screen BSod;

1. IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A)
Ini merupakan biangnya kerok pada BsOD. Karena umumnya pada BsOD, pesan ini yang paling sering muncul. Pesan kesalahan ini disebabkan umumnya kerena ada ketidakcocokan driver yang terinstall di komputer.Daftar Penyebab:
– Masalah driver yang bentrok atau tidak cocok
– Masalah Video Card, hal ini mencakup video card yang di overclock melebihi batas atau Anda baru berganti Video card dan Anda belum menguninstall driver Video card lama dari chipset berbeda
– Masalah Audio Card, meliputi kesalahan konfigurasi atau bug dalam driver sound card

2. NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023)
Nah, pesan ini setidaknya sudah sedikit “nyambung” memberikan gambaran di mana kerusakan berada, yaitu ada di partisi atau filesystemnya tetapi bukan di harddisknya. Kita bisa melakukan pengecekan dengan memeriksa kabel SATA atau PATA atau bisa mengecek partisi dengan tool chkdsk.

3. UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)
Bila Anda mendapatkan pesan seperti ini, dapat disebabkan karena:
– Overclock Hardware yang berlebihan
– Komponen komputer yang kepanasan
– BIOS yang korup
– Memory dan CPU yang cacat

4. DATA_BUS_ERROR
Pesan ini disebabkan karena adanya kemungkinan bahwa memory atau slot memory di motherboard rusak.

5.  PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA
Disebabkan karena adanya kerusakan hardware, termasuk memory utama, memory video card, atau memory di processor (L2 Cache)

6.  INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE
Disebabkan karena adanya kesalahan dalam konfigurasi jumper harddisk yang salah, virus boot sector, driver IDE controller yang salah, atau kesalahan driver chipset.

7.  VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE
Kesalahan terjadi pada instalasi driver video card yang kurang sempurna, restart pada saat instalasi atau juga dapat terjadi karena kesalahan dalam instalasi driver.

8. BAD_POOL_CALLER
Kesalahan ini dapat terjadi karena kesalahan atau driver yang tidak kompatibel. Sering terjadi saat melakukan instalasi XP dari upgrade, atau bukan dari instalasi baru.

9.  PEN_LIST_CORRUPT
Pesan ini disebabkan karena adanya kerusakan RAM

10.  MACHINE_CHECK_EXCEPTION
Disebabkan oleh cacatnya CPU, atau yang di overclock secara agresif, serta power supply yang kekurangan daya atau rusak.

jika anda mendapatkan error selain yang sya posting di sini silahkan berbagi disini. salam bloger🙂

Filed under: Komputer, , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 6 other followers

Kunjungi fan page kami

Follow Twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

%d bloggers like this: